Skip to main content

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Untuk Pemula

Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog khususnya buat blog di Blogger sebenarnya tidak terlalu susah atau lebih tepatnya jauh lebih mudah daripada buat blog melalui pltaform lain seperti Wordpress maupun Tumblr. Pernyataan tersebut tentunya bukan tanpa alasan, karena memang faktanya Blogger adalah satu-satunya blogging platform (penyedia layanan blog) yang memiliki UI (User Interface) yang sangat User Friendly, itu artinya meskipun Anda baru pertama kali membuat blog di Blogger dijamin akan bisa dengan mudah dan cepat dalam beradaptasi.

Itulah salah satu kelebih dari membuat blog di Blogger, selain itu tentu masih banyak lagi kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki Blogger, namun tidak akan saya bahas di artikel, karena fokus kita disini adalah belajar bagaimana cara membuat blog di Blogger, bukan membahas kelebihan Blogger.

Kita kembali ke topik, untuk memudahkan Anda dalam memahami isi dari artikel ini, maka saya akan membagi pembahasannya menjadi tiga bagian, yang terdiri dari :

  • Cara Membuat Blog
  • Cara Membuat Artikel di Blog
  • Cara Membuat Blog Agar Tampil Menarik
  • [ Video ] Cara Membuat Blog

Di akhir artikel sengaja saya tambahkan video tutorial tentang cara membuat blog dengan tujuan untuk memudahkan teman-teman yang mungkin masih kesulitan dalam memahami artikel cara membuat blog ini.

Cara Membuat Blog


Perlu saya ingatkan bahwa sebelum membuat blog, maka Anda wajib memiliki 1 buah email dan karena kita ingin buat blog di Blogger, maka kita perlu menyiapkan email dari Google (karena Blogger adalah produk Google). Email yang saya maksud adalah Google Mail (Gmail), dan meskipun Anda sudah memiliki email, misalkan dari Yahoo Mail ataupun Hotmail, kedua email tersebut tidak bisa digunakan, jadi Anda tetap harus buat email baru, karena syarat untuk membuat Blog di Blogger haruslah memiliki email Gmail. Namun, jangan khawatir, untuk Anda yang belum memiliki emaill Gmail, saya sudah menuliskan artikel tutorial tentang bagaimana cara untuk membuat email di Google Mail dengan cepat, silahkan baca artikelnya disini Cara Membuat Email.

Baik, saya anggap masalah email sudah selesai, artinya saya harap Anda sudah memiliki setidaknya 1 akun Gmail, karena akun inilah yang nantinya akan kita gunakan untuk mendaftar blog di Blogger.

1. Silahkan Anda kunjungi situs resmi Blogger disini https://www.blogger.com/

Cara Membuat Blog 1

Sebelum masuk ke situs Blogger, terlebih dahulu Anda akan diminta untuk memasukkan Username dan Password dari akun Gmail Anda, inilah mengapa di awal tadi saya meminta Anda untuk membuat email di Gmail terlebih dahulu.

2. Pilih profile Blogger yang akan Anda gunakan di Blog

Cara Membuat Blog 2

Jika Anda baru pertama kali log in, maka Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, buat profile blogger / buat profile google+, saran saya agar proses pembuatan blog kita berjalan cepat (cepat selesai) pilih saja buat profile blogger terbatas.

3. Masukkan nama yang ingin Anda gunakan di Blogger

Cara Membuat Blog 3

Ingat, ini adalah nama tampilan artinya nama yang akan Anda masukkan ini nantinya akan muncul di setiap Blog Anda, mulai dari HomePage sampai StaticPage. Jika sudah, klik 'Lanjutkan ke Blogger'

4. Klik tombol New Blog untuk membuat Blog Baru

Cara Membuat Blog 4

Diatas adalah tampilan dashboard atau halaman utama Blogger, disinilah tempat untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan Blog Anda. Namun, sebelumnya silahkan klik dulu 'New Blog' / 'Buat Blog' untuk mulai membuat blog baru.

5. Masukkan judul dan alamat Blog

Cara Membuat Blog 5

Tahap kelima dan sekaligus menjadi tahap terakhir cara membuat blog, yang artinya setelah ini Anda akan mendapatkan blog baru. Jadi tinggal Anda masukkan judul blog dan alamat blog, lalu klik 'Create Blog!' untuk menyelesaikan proses pembuatan blog di Blogger.

Cara Membuat Blog 6

Namun, pastikan saat memasukkan alamat Blog, muncul simbol centang berwarna biru di bagian samping TextArea seperti gambar diatas, dan jika muncul simbol tanda seru, maka silahkan masukkan alamat blog yang lain, karena alamat blog tersebut sudah ada yang menggunakan.

Jika dihitung, maka Cara Membuat Blog diatas paling tidak hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit, jadi tidak susah bukan untuk buat blog baru di Blogger ? saya rasa tidak. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat artikel di Blogger.

Cara Membuat Artikel di Blog


Setelah belajar tentang bagaimana cara membuat blog, kurang afdol rasanya jika kita tidak melanjutkan belajar cara membuat artikel di blog. Karena, apalah artinya Blog tanpa sebuah artikel. Untuk itu disini saya akan mencoba berbagai pengalaman mengenai cara membuat artikel dengan mudah dan cepat di Blogger.

1. Pertama silahkan Anda klik icon pensil berwarna Oranye

Cara Membuat Artikel di Blog 1

Selain dengan mengklik icon pensil, Anda juga bisa membuat artikel baru dengan cara masuk ke menu Posts lalu klik 'Create a New Post'.

2. Masukkan judul dan isi Artikel, serta jangan lupa tambahkan Label

Cara Membuat Artikel di Blog 2

Saat mengisi judul, pastikan Anda memilih kata yang menarik atau mengundang orang untuk mengklik. Dan pada isi artikel, usahakan untuk menyertakan gambar pendukung. Jika semua sudah terisi silahkan klik Publish.

3. Cek blog baru Anda

Cara Membuat Artikel di Blog 3

Langkah terakhir adalah mengecek blog baru Anda, apakah artikel yang Anda buat tadi berhasil terpublish atau tidak. Jika belum muncul silahkan cek lagi pada menu Posts, siapa tahu masih tersimpan di Draft.

Itulah cara membuat blog kita agar ada artikelnya, karena sangat disayangkan jika ada yang buat blog namun hanya ditlantarkan saja. Untuk itu, disini saya ingin mengampanyekan kepada blogger Indonesia, agar rajin menulis dan berbagi ilmu yang dimiliki kepada semua orang.

Cara Membuat Blog Agar Tampil Menarik


Cara membuat blog menjadi keren atau menarik sebenarnya bukan pekerjaan susah, selama Anda sudah memiliki Template Blog yang Keren. Jadi nantinya tinggal unggah template tersebut lalu biarkan template bekerja secara otomatis untuk mengubah seluruh tampilan blog menjadi lebih menarik.

Jadi PR atau tugas kita disini adalah mencari template dengan tampilan yang menarik. Dibawah ini beberapa referensi template untuk blog dengan tampilan yang sangat keren :

Fastest Magz v3 dari Mas Sugeng
G Vusion dari Arlina
FlatMag dari Templateism
Metrofy dari Themeify
Collective dari Sora Template

Silahkan Anda pilih salah satu dari keempat template blogger gratis dan satu template blogger premium diatas. Dijamin kelima termplate tersebut akan membuat tempilan blog kita menjadi lebih menarik.

Jika sudah mendapatkan salah satu dari kelima template tersebut, sekarang saatnya kita merubah tampilan Homepage Blogger agar tampil menarik.

1. Buka Blog yang ingin Anda ubah Tampilannya

Cara Membuat Blog Agar Tampil Menarik

Jika Anda sudah masuk ke bagian Dashboard, selanjutnya silahkan Anda klik menu Template yang berada di bagian bawah (diatas menu settings dan di bawah menu layout).

2. Klik tombol Backup / Restore

Cara Membuat Blog Agar Tampil Menarik 2

Disini kita akan mengupload file Template (format .xml) untuk dipasang / diisntal di Blog kita, caranya dengan klik 'Backup / Restore' lalu pilih template yang akan Anda upload.

3. Cek tampilan Blog Anda

Cara Membuat Blog Agar Tampil Menarik 3

Jika berhasil, maka tampilan Blog Anda akan menjadi keren seperti pada gambar diatas. Pada contoh ini saya menggunakan template G Vusion yang dibuat oleh Arlina.

Saya rasa tidak terlalu susah bukan cara membuat blog menjadi tampil lebih menarik ? dan jika Anda sudah bosan dengan tampilan tersebut, maka tinggal Anda download template baru, lalu upload seperti biasa.

[ Video ] Cara Membuat Blog


Sesuai janji saya diatas, disini saya akan menambahkan tutorial mengenai cara membuat blog dalam bentuk video, jadi untuk Anda yang malas membaca artikel diatas, bisa langsung menonton video tutorial membuat blog dibawah ini.


Video cara membuat blog ini berdurasi kurang dari 2 Menit, jadi bisa dipastikan tidak akan menghabiskan banyak kuota internet Anda.

Berikut adalah Caption untuk Anda yang kesulitan membaca teks yang ada di dalam video tutorial membuat Blog tersebut.

Caption : Cara Membuat Blog

00:00 - 00:15 : Kunjungi Blogger.com
00:15 - 00:16 : Log In ke akun Blogger
00:17 - 00:20 : Pilih Profil Blogger
00:21 - 00:30 : Masukkan Display Name
00:31 - 00:45 : Klik 'Create Blog'
00:46 - 01:45 : Masukkan Judul dan Alamat Blog

Selesai sudah rangkain tutorial berseri kita kali ini, dari mulai cara membuat blog, sampai cara membuat desain blog agar tampil menarik sudah saya informasikan kepada Anda. Tugas Anda selanjutnya adalah mempraktekkannya, jadi jangan cuma dibaca saja. Itu saja dari saya, selamat mencoba membuat membuat blog, dan semoga berhasil.

Comments

Popular posts from this blog

Tiktok Küssen

Http//bitly/videostochillgirlsmerch memes http//bitly/videostochillmememerch extra 5% off order over $. Tomorrow Comedy Tiktok Play | Download Plzz like, subcribes my channal and also like , follow,share. Tiktok küssen . Leon Content Lukas White Tiktok Compilation Play | Download Tayler Holder And Dixie D Amelio Tik Tok Video Play | Download Die Verrucktesten Arten Zu Kussen Play | Download Tik Tok 23 Play | Download Huidhonger Tiktok Tip Play | Download I Tried To Kiss My Bestfriend Tiktok Compilation Play | Download Tiktok I M Your Chief Now Play | Download Bryce Halls Spills On His First Date With Addison Rae Hollywire Play | Download

Adsense High Cpc Trick

Dosto is video mai aapko bataugaa ki aap kaise apna cpc increase kar sakte hai. How to get high cpc in adsense without any risk, 100% working trick. High Cpc 57 Live Proof How To Get Adsense Admob Earning Play | Download If your video may looks useful all viewers , so will r. Adsense high cpc trick . Keywords by unique contents. How to get high cpc adsense. In this you will see the proof of how i increased adsence cpc 00$ to 117$ two days and increase adsense earning a. This method one of the you have also many professionals following t. Copyright disclaimer under section 107 of the act 1976, al. Copyright disclaimer under section 107 of the act 1976, allowance is m. Admob High Cpc Trick Keywords Adsense Highest 2019 Play | Download Admob High Cpc Trick Per Click 5 With Vpn 2018 Play | Download How Can We Get High Cpc

Adsense Verify Without Pin

This video will guide you, if you did not receive pin, how to verify your google adsense account, without verification, v. I created this short tutorial to explain the address verification process of google adsense account when you receive letter containing your pin. How To Verify Your Google Adsense Account With The Pin Received By Letter Tutorial Play | Download How to verify google adsense without pin code 2018. Adsense verify without pin . Hi everyone in this video we will teach you how to verify google. I hop like vi. Do so, mail a personal ide. To protect the security of accounts, google requires you verify your address before can send any payments. How to verify adsense account pin code for address verification google tutorials in this video you will see that manually. How to verify google adsense account without pin. (topic cover in this video) how to verify google adsense withou. Hy frie