Skip to main content

Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah dan Gratis

Ada berbagai macam cara untuk membuat website, ada yang membuat website menggunakan bantuan CMS (Content Management System) ada pula yang hanya mengandalkan kodingan manual.

Di artikel ini, Anda akan mendapatkan kedua ilmu tersebut :

  • Cara Membuat Website dengan CMS, dan
  • Cara Membuat Website tanpa CMS

Baca Juga
cara membuat blog Cara Membuat Blog

Tak hanya website, anda juga bisa membuat blog baru sendiri secara gratis dengan memanfaatkan layanan blog dari blogger.
Namun, untuk teman-teman yang masih pemula dalam dunia website, saran saya sebaiknya ikuti panduan membuat website dengan CMS, karena jika tanpa CMS, maka Anda dituntut untuk menguasai bahasa pemrograman, khususnya HTML, CSS dan JavaScript.

Sekedar informasi saja, dari kedua cara membuat website diatas, baik yang menggunakan CMS maupun tanpa CMS, keduanya sama-sama membutuhkan Hosting dan Domain. Jadi sebelum membuat website, kita perlu melakukan pemesan Hosting dan Domain terlebih dahulu.

Apa itu Hosting ? Hosting adalah tempat untuk menyimpan file.
Apa itu Domain ? Domain adalah alamat website.

Penjelasan singkat dengan pengertian hosting dan domain diatas saya rasa sudah cukup jelas, untuk itu mari kita mulai proses pembuatan website.

Cara Memesan Hosting dan Domain


Seperti yang saya jelaskan diatas, sebelum memulai proses pembuatan website, terlebih dahulu kita harus menyiapkan Hosting dan Domain. Untuk mendapatkan Hosting dan Domain, kita bisa memesan melalui beberapa situs penyedia layanan hosting domain, sebagai contoh saya akan menggunakan layanan dari IDHostinger.

  1. Buka situs IDHostinger

    Cara Memesan Hosting dan Domain

    Jika halaman depan situs IDHostinger sudah terbuka, silahkan Anda klik tombol "Buat Akun" untuk mulai proses pendaftaran akun di IDHostinger.

  2. Log in dengan Facebook / Google Plus

    Cara Memesan Hosting dan Domain gambar 2

    Untuk mempermudah Anda dalam melakukan pendaftaran, pihak IDHostinger memberikan dua pilihan yaitu masuk dengan akun Facebook atau Google Plus.

  3. Pilih "Hosting Baru"

    Cara Memesan Hosting dan Domain gambar 3

    Jika sudah berhasil masuk ke halaman Cpanel Idhostinger, itu artinya proses pendaftaran berhasil.

  4. Klik "Order Hosting Baru"

    Cara Memesan Hosting dan Domain gambar 4

    Selanjutnya silahkan Anda klik "Order Hosting Baru" untuk mulai memesan layanan Hosting Gratis dari IDHostinger.

  5. Pesan paket "Hosting Gratis"

    Cara Memesan Hosting dan Domain gambar 5

    Ada tiga pilihan paket hosting yang ditawarkan oleh IDHostinger, karena kita baru belajar membuat website, maka pilih saja hosting paket gratis.

  6. Masukkan nama Website Anda

    Cara Memesan Hosting dan Domain gambar 6

    Pada tahap ini kita akan memesan domain, jadi silahkan Anda masukkan nama domain yang ingin Anda gunakan untuk menamai website Anda.

  7. Selesaikan tantangan ReCaptcha

    Cara Memesan Hosting dan Domain gambar 7

    Ini merupakan tahap akhir proses pemesan hosting dan domain, yaitu dengan membuktikan bahwa pemesan hosting dan domain bukanlah robot.

Sampai sini saya ucapkan selamat, karena Anda telah berhasil memesan hosting beserta domain gratis dari IDHostinger, namun perjalanan kita dalam membuat website belum berakhir sampai disini, prosesnya masih panjang.

Cara Membuat Website dengan CMS


Tutorial pertama akan saya jelaskan tentang cara membuat website dengan CMS. CMS yang akan kita gunakan untuk membuat website baru adalah Wordpress, karena selain gratis, CMS Wordpress juga memiliki fitur atau lebih tepatnya plugin yang lengkap.

  1. Klik menu "Kelola"

    Cara Membuat Website dengan CMS

    Jika Anda sudah memesan lebih dari satu hosting dan domain, maka pilih salah satu yang ingin Anda install CMS, selanjutnya klik tombol Kelola.

  2. Pilih sub-menu "Auto Installer"

    Cara Membuat Website dengan CMS gambar 2

    Scroll atau gulir kebawah untuk menemukan fitur tersebut atau lebih jelasnya silahkan Anda lihat pada gambar diatas.

  3. Pilih CMS Wordpress

    Cara Membuat Website dengan CMS gambar 3

    Karena kita akan membuat website dengan bantuan CMS jadi silahkan Anda pilih CMS terbaik menurut saya yaitu CMS Wordpress.

  4. Masukkan detail tentang Website Anda

    Cara Membuat Website dengan CMS gambar 4

    Isikan semua data yang diminta, mulai dari judul website, deskripsi website sampai password website.

  5. Tunggu beberapa menit

    Cara Membuat Website dengan CMS gambar 5

    Proses penginstallan CMS Wordpress membutuhkan waktu yang cukup singkat, dimana Anda hanya perlu menunggu beberapa menit saja.

  6. Cek website Anda

    Cara Membuat Website dengan CMS gambar 6

    Untuk memastikan proses penginstallan selesai dengan baik, silahkan cek website tersebut, jika muncul seperti gambar diatas, maka saya ucapkan selamat karena Anda telah berhasil buat website sendiri dengan bantuan CMS Wordpress.

Selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat website tanpa bantuan CMS apapun, jadi murni HTML dan CSS buatan kita sendiri.

Cara Membuat Website tanpa CMS


Jika kita ingin membuat website tanpa CMS, maka kita butuh dua hal, yaitu file index.html dan file stylesheet.css, kedua file tersebut berfungsi untuk memberikan tampilan pada website kita. Anda tidak perlu pusing dimana mendapatkan kedua file tersebut, karena akan saya bagikan gratis.

  1. Install "File Manajer 1"

    Cara Membuat Website tanpa CMS

    Anda bisa menggunakan domain dan hosting baru atau bisa juga dengan menggunakan hosting dan domain sebelumnya (yang sudah diinstall CMS Wordpress)

  2. Klik "Akses File Manajer"

    Cara Membuat Website tanpa CMS 2

    Tunggu beberapa detik, hingga proses install file manajer selesai, selanjutnya silahkan Anda klik "akses file manajer".

  3. Buat folde baru dengan nama Tanpa CMS

    Cara Membuat Website tanpa CMS 3

    Karena saya ingin tadi menggunakan hosting dan domain yang sama sewaktu install CMS Wordpress, jadi saya akan membuat folder baru untuk memesiahkan kedua website.

  4. Upload file index.html dan stylesheet.css

    Cara Membuat Website tanpa CMS 4

    Kedua file tersebut bisa Anda download disini.

  5. Cek tampilan Website Anda

    Cara Membuat Website tanpa CMS 5

    Jika muncul tampilan seperti gambar diatas, maka proses buat website tanpa CMS berhasil Anda lakukan.

Selanjutnya tinggal Anda modifikasi, baik dari segi layout HTML maupun dari segi desainnya (CSS). Bila perlu pelajari juga bagaimana Cara SEO On-Page Yang Baik Untuk Web agar website Anda tersebut bisa mendapatkan banyak pengunjung dari Google.

Itu saja artikel Cara Membuat Website yang bisa Anda lakukan sendiri, namun jika tutorial membuat website diatas dirasa terlalu susah untuk dipahami, silahkan tinggalkan komentar untuk menanykan dimana letak kebingunan yang Anda alami alternatif lain jiak tidak ingin repot, maka Anda bisa memesan jasa pembuatan website.

Comments

Popular posts from this blog

Tiktok Küssen

Http//bitly/videostochillgirlsmerch memes http//bitly/videostochillmememerch extra 5% off order over $. Tomorrow Comedy Tiktok Play | Download Plzz like, subcribes my channal and also like , follow,share. Tiktok küssen . Leon Content Lukas White Tiktok Compilation Play | Download Tayler Holder And Dixie D Amelio Tik Tok Video Play | Download Die Verrucktesten Arten Zu Kussen Play | Download Tik Tok 23 Play | Download Huidhonger Tiktok Tip Play | Download I Tried To Kiss My Bestfriend Tiktok Compilation Play | Download Tiktok I M Your Chief Now Play | Download Bryce Halls Spills On His First Date With Addison Rae Hollywire Play | Download

Adsense High Cpc Trick

Dosto is video mai aapko bataugaa ki aap kaise apna cpc increase kar sakte hai. How to get high cpc in adsense without any risk, 100% working trick. High Cpc 57 Live Proof How To Get Adsense Admob Earning Play | Download If your video may looks useful all viewers , so will r. Adsense high cpc trick . Keywords by unique contents. How to get high cpc adsense. In this you will see the proof of how i increased adsence cpc 00$ to 117$ two days and increase adsense earning a. This method one of the you have also many professionals following t. Copyright disclaimer under section 107 of the act 1976, al. Copyright disclaimer under section 107 of the act 1976, allowance is m. Admob High Cpc Trick Keywords Adsense Highest 2019 Play | Download Admob High Cpc Trick Per Click 5 With Vpn 2018 Play | Download How Can We Get High Cpc

Adsense Verify Without Pin

This video will guide you, if you did not receive pin, how to verify your google adsense account, without verification, v. I created this short tutorial to explain the address verification process of google adsense account when you receive letter containing your pin. How To Verify Your Google Adsense Account With The Pin Received By Letter Tutorial Play | Download How to verify google adsense without pin code 2018. Adsense verify without pin . Hi everyone in this video we will teach you how to verify google. I hop like vi. Do so, mail a personal ide. To protect the security of accounts, google requires you verify your address before can send any payments. How to verify adsense account pin code for address verification google tutorials in this video you will see that manually. How to verify google adsense account without pin. (topic cover in this video) how to verify google adsense withou. Hy frie